Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Google Maps Dengan Praktis

Cara Menentukan Arah Kiblat dengan Google Maps Dengan Praktis

Google Maps merupakan produk layanan Google yang cukup populer, dikarenakan dengan adanya layanan ini pengguna dapat lebih mudah menemukan lokasi-lokasi tertentu yang ingin dituju. Tak hanya itu saja, penggunanya juga dapat menentukan arah kiblat dengan Google Maps. 
Ini sangat berguna bagi teman-teman yang beragama muslim sedang berada ditempat yang baru misalnya berada di kota atau kampung, namun ingin melaksanakan ibdadah Shalat. Dengan begitu tidak perlu lagi menanyakan arah kiblat. 

Seperti yang diketahui oleh kita, bahwa posisi Ka'bah yang berada di Mekah Arab Saudi merupakan acuan untuk menentukan arah saat beribadah sholat bagi umat muslim. Karena ini penting untuk melakukan ibadah, banyak developer yang membuat aplikasi khusus untuk menentukan arah kiblat. 

Sebenarnya, kamu juga dapat mengetahui arah kiblat hanya dengan Google Maps loh!

Cara menentukan arah kiblat dengan Google Maps

Cara menentukan arah kiblat dengan Google Maps pada dasarnya sangat mudah, namun banyak pengguna yang ternyata tidak mengetahui cara ini sehingga harus mendownload aplikasi khusus untuk menentukan arah kiblat di PlayStore maupun AppStore. Nah, supaya kamu tahu coba ikuti langkah-langkah berikut ini : 

  • Buka aplikasi Google Maps di hp kamu
  • Setelah itu kamu dapat mengetik Ka'bah Mekkah Arab Saudi di kolom pencarian
  • Google Maps akan menunjukkan arah lokasi ka'bah
  • Kamu dapat lakukan gerakan Zoom Out
  • Kemudian di titik lokasi penggina akan melihat animasi sinar biru yang akan menjadi penanda arah pengguna yang sedang menghadap kemana. Sinar biru pada titik lokasi pengguna bisa berubah jika hp pengguna diputar
  • Pengguna dapat mengikuti arah sinar biru tersebut untuk menentukan arah kiblat

Walaupun sebenarnya Google Maps tidak memiliki fitur khusus untuk menentukan arah kiblat untuk beribadah umat muslim, namun pengguna dapat memanfaaatkan fitur yang ada dengan cara mengikuti langkah diatas untuk dapat menentukan arah kiblat dengan tepat dan cepat. 

Semoga artikel ini bermanfaat, khususnya bagi teman-teman yang beragama muslim.